Monday, June 03, 2013

#MuktamarBlogger Mewah!

Para Blogger Sepuh (pic by @didut)

Berbicara tentang komitmen dan konsistensi, saya adalah orang yang paling ogah untuk membuat komitmen, kecuali yakin bisa benar-benar commit. Ogah karena saya ngga yakin bisa konsisten menjaga komitmen tersebut hingga waktu yang lama. Saya orang yang moody, dengan tingkat kebosanan yang akut. Jadi bila dua hal tersebut lagi menyerang, yah bisa dibayangkan apa jadinya...

Meski untuk beberapa hal, hal itu tidak berlaku. Jika saya sudah nyaman terhadap sesuatu, maka saya akan susah move on ke hal lainnya, salah satunya dengan domain di blog ini. Meski teman-teman ngeblog banyak yang sudah pindah ke wordpress, atau memakai dotcom sendiri, tapi saya masih konsisten ngeblog di blogspot. Errr...ngga bisa dibilang konsisten juga sih, secara ngeblognya bisa hanya beberapa bulan sekali. Tapi setidaknya selama 8 tahun, blog ini masih hidup dan masih ada postingan setiap tahunnya.

Dari blog saya mengenal banyak orang, termasuk suami :D Eh, suami sih kenalnya bukan karena blogwalking, melainkan dikenalin teman blog. Si teman dan si (dulunya calon) suami teman blog, tapi jujur..saya ngga pernah blogwalking ke blog suami sebelum dikenalin. Tapi yasudahlah ya, ujung-ujungnya kenal dari blog juga kan ya? :")

#MuktamarBlogger di emperan Plaza Indonedia (pic by @fanabis)

8 tahun ngeblog, sekian banyak teman blog yang dikenal, saya hanya bergabung ke satu komunitas blog, yakni @bunderanhi (yang entah apa blog nya sekarang) . Kenapa bisa betah berkomitmen dengan @bunderanhi? Ya karena itu tadi, di @bunderanhi kami commit dengan inkonsistensi. Hahaha. Bingung? Kira-kira begini, di @bunderanhi itu tidak ada aturan baku member harus ngapain dan komunitas harus begimana. Dulu kami rajin nongkrong di emperan Plaza Indonesia, tapi sekarang ngga. Kadang milis ramai, kadang berbulan-bulan diam saja. Kadang kami suka ketemuan, kadang bertahun-tahun ngga. Hal-hal yang ngga jelas seperti itulah yang membuat kami betah bersama-sama.

Jika dihitung dari saya mulai bergabung, yah..kira-kira 6 tahun lebih lah. Dari anggotanya yang masih lajang-lajang, hingga banyak yang sudah beranak pinak. Dari yang dulu semua punya blog di semua penyedia layanan, hingga sekarang yang punya email aja sudah syukur rasanya ( ini Paman Tyo! ). Dari yang rambutnya sudah abu-abu, hingga putih semua (ini Pak Mbilung!) Meski tetap banyak yang ngeblog (misal Mbak Ai dan Mas Iman) atau yang sudah menjadi Social Artist macam @Ndorokakung.



#MuktamarBlogger 2008
#MuktamarBlogger 2009
Dulu, sebagai parodi event blogger tahunan Pesta Blogger, malam sebelumnya kami mengadakan Muktamar Blogger di @bunderanhi. Acaranya? Ngga jelas. Tahun 2008 kami mengambil tema "Blogging for Wit-Witan" dengan mengadakan acara sosial menanam pohon entah dimana, dan di tahun 2009, saking bingungnya mau pakai tema apa, kami memutuskan temanya "Blogging for Nothing" . Tahun 2011 bersamaan dengan ON|OFF, kami mengadakan Kontes Foto dengan tema "Byar|Pet" alias Foto Hitam Putih. Ngga ada hubungan Muktamar Blogger dengan pesta Blogger maupun ON|OFF, kecuali kami numpang tenar. Mungkin inilah yang membuat PamanTyo memilih "Selalu Wagu dan Pede" untuk tagline komunitas @bunderanhi. Hahaha.

Pak @mbilung penerima Boncel Award
Kategori Blogger Ngeselin 2013 (pic by @mbilung)
Jika Pesta Blogger identik dengan acara-acara dan penghargaan untuk blogger-blogger yang memang berprestasi dan layak diapresiasi,  di Muktamar Blogger acaranya adalah nongkrong-nongkrong ngga jelas dengan pemberian Negro Boncel Award (Boneka Negro berambut kriwil) untuk blogger-blogger kategori sesuka kami. Kok sesuka? Karena suka-suka kami membuat kategorinya, tiap tahun berbeda -beda. Ada kategori Blogger #rauwisuwis , Blogger #Nyepik atau misal di tahun ini, ada Blogger Ngeselin untuk Pak Mbilung.

Dan tahun ini, meski Pesta Blogger (yang terakhir berganti menjadi ON|OFF tidak ada) Muktamar Blogger tetap diadakan, dengan tema "Blogger Ngga Blogger yang penting NgeBlog". Kalau ngga mau dibilang mengagumkan, maka kata "tidak waras" adalah kata yang tepat untuk mempersiapkan acara ini. Bagaimana tidak? Hanya dalam 5 hari, panitia yang diketui Mbak Ai @pasarsapi (kami menyebutnya Manusia Amben, sebagai parodi dari Chairman ) menggagas acara dan MENJADIKANNYA ! Hahahaha, saya sendiri sebagai member tidak sempat turut serta kerepotannya, pas muncul ide mau diadain, saya sedang di Jayapura.

Mbak Ai si Manusia Kursi (pic by @pasarsapi)

Mbak Ai dan teman-teman @bunderanhi dari mencari tempat, mengisi acara, membuat spanduk hingga mencari dana. Kok dana? Jadi begini, kalau biasanya acara diadakan di emperan Plaza Indonesia dan tengah malam, #MuktamarBlogger kali ini diadakan di tempat yang harus kami sewa dan diadakan siang hari. Kenapa ngga di emperan saja seperti biasanya? 6 tahun, dan kami sudah tidak lagi muda, kisanak! Mana kuat kami begadang dan kena angin malam, hahaha.









Buku Tamu #MuktamarBlogger by @bangaip

Berlangsung di Aula Taman Langsat Kebayoran Baru, acara #MuktamarBlogger ke-13 (maksudnya tahun 2013) digelar. Acaranya? Ya nongkrong-nongkrong seperti biasa. Dan berkat kegigihan panitia dan manusia kursi nya, banyak teman-teman yang mau support meski namanya tak dicantumkan di spanduk pun, hahahaha. Ada @XL123 yang selama ini banyak mendukung acara-acara komunitas ikut meramaikan dengan #KumpulXeru, ada @weMISU @buburayamMadura untuk makan siang dan @Sunpride_ID yang supply buah segar. Jika biasanya suguhan Muktamar Blogger adalah kue - kue sumbangan siapa saja yang mau menyumbang dan kopi yang harus bayar sendiri-sendiri ke simbok kopi keliling, Muktamar Blogger kemarin mewah sekali, makanan melimpah!!  Banyak makanan, kamipun riang :D


Sudah lama kami tidak berkumpul bersama - sama, rasanya haus guraruan saru dan ngga mutu, tapi terlalu malas untuk menginisiasi kopdar. Dengan adanya Mbak Ai dan teman-teman @bunderanhi yang mau repot-repot mengurusi #MuktamarBlogger ini, rindu kami terobati. Meskipun, -seperti tema-, teman-teman yang datang justru yang sudah ngga ngeblog lagi. Syukurlah di dunia perbloggingan tumbuh komunitas-komunitas yang lebih rajin dari kami, yang mau datang dan meramaikan acara dan berhaha-hihi, sehingga acaranya ramai sekali!Terima kasih banyak sudah datang yaaa....

Catatan kaki : 
Konon, sudah ada Manusia Amben untuk tahun depan, yakni Arya Perdhana, dengan tema #MuktamarBlogger "hajigur godong kencur!" Tapi sebaiknya jangan berharap banyak, mari berdoa saja mood kami bagus sehingga mau repot-repot buat acara.

Ada yang masih ngeblog, ada yang (mantan) blogger, ada blogger kambuhan dan ada mantannya blogger. 6 tahun dan masih seru kalau ngumpul. Senang senang senang! (pic by Viving Linda )

27 comments:

dinda said...

hahahah... lucuuu... kemaren udah liat sih di twitter. tapi bantuin ibu nuke pindahan, jadinya ya gabisa deh :D But it's nice to see familiar faces in the photos :)

wahyu nurdiyanto said...

apik. tulisane akeh, fotone yo akeh :p

hedi said...

aku cedih ga datang, tapi tunggu postinganku ya hahaha

arya said...

aku ansab waelah! eh sumpah acara wingi keren banget. kangen ngobrol ra penting karo cah2 BHI.

wahyu nurdiyanto said...

sebagai manusia amben berikutnya, mas arya pasti bisa bikin yang lebih zuper keren.

endik sangar said...

Karena mbak dewi bersemangat mbikin postingan muktamar sampe semangat pula minta dikomenin, namun sayangnya manusia amben terlanjur dipilih, mbak dewi jangan kecewa, untuk bahan muktamar mendatang, ketua program sosial diputuskan secara sepihak, yaitu anda.
Selamat..!

mbilung said...

Program sosial tahun depan sunatan masal, kalau yg mau disunat terlalu banyak, Endik yang mbantu nggigit. Btw, senang sekali kemaren itu...walaupun kangen krn Pitik, Endik, Mas Hedi dan Pito gak bisa hadir.

Dewi said...

Huhuhu..pas pindahan ya. Aku belum kesana...

Dewi said...

Iyo yak..tahun depan bikin lagi ya :D

Dewi said...

Sah, mas!

Dewi said...

Mana ada program sosial..wong bhi kan anti-sosial..kayak awakmu mas.

Dewi said...

Mungkin orang2 itu harus didaulat jd panitia mendukung manusia amben tahun depan, pak. :))

Dewi said...

Iya mas...apalah bhi tanpamu :))

missgaluh said...

Ngakak baca komennya Endik :)))
Eh itu di foto spanduk tamu ada tulisan 'Daya Was Here' sapa yg nulis ya?

laquesta said...

waaa seruu.. makasih ceritanya mbak'e.. seneng bacanya.. hehe.. aku pingin dateng, apa daya tetiba rempong ada sepupu nginep.. hehe.. mudah2an tahun depan kalian mood yaaa..

maslie said...

hwahhh kangen gojek kere,sayang di jogja saat ini

mikow said...

itu poto paling atas tolong diganti judulnya wi, masa dibilang blogger sepuh sih? aku dan ken masih muda :))

e-no: si nagacentil said...

Kenapa kita nggak ketemuk..
Kenapa nggak ada potokuh!
Kenapa... ah sudahlah, ini #Muktamarblogger pertamaku lho, senang sekali bisa nongol walopun di penghujung acara
\o/

Dewi said...

Lha ya ndak tahu :))

Dewi said...

Ada no...di foto pertama dan nyempil :))) semoga kamu enjoy dg ketidakjelasannya ya

Dewi said...

Masss..situ kan pakpuh e ken :)))

Dewi said...

Iyaaa..anak2 bhi banyak hg sudah ngga di jkt. Hih.

Dewi said...

Semoga..mari kita dukung arya.

Pinkina said...

Sedekah komeeennnnn :))
Lha yho mbak, biasane muktamar iku yha gak jelas acarane :)) lha wingi iku lumayan serius acarane masio yho arek2 BHI ganok sing serius, he eh lumayan mewah banyak makanan. Manusia kursi ne manteb pokoke :D

*sing mojok terus di deket stand makanan*

blanthik_ayu said...

hwaaa...cerita keren tentang acara keren..
acara wingi sempat menimbulkan niat ku bikin blog posting :))) doakan semoga niat tidak berakhir di dalam hati..

salam,
#bloggerkambuhan

Sang Nanang said...

mantep...mantep...

IBU ENDANG WULANDARI said...

Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI