Saturday, January 16, 2016

buku pertama 2016 : after dark


sebagai orang yang mengaku menyukai haruki murakami, membaca after dark baru sekarang adalah hal yang sedikit memalukan. tapi ya demikianlah beberapa tahun terakhir, minat baca menurun. membuat alasan ini itu untuk tidak menyentuh buku.

bisa dihitung tidak lebih dari 5 buku yang dibaca di 2015, atau tahun-tahun sebelumnya. dan tidak semuanya dibaca sampai selesai.

tahun ini membuat janji pada diri sendiri untuk bisa membaca (dan menyelesaikan) setidaknya 1 buku setiap bulannya. mustinya bisa lah ya?

after dark adalah buku haruki murakami yang kesekian yang dibaca, tapi baru kali ini membaca bukunya dalam versi bahasa inggris. dengan kemampuan berbahasa inggris yang minim, dan pengalaman yang menyakitkan karena tidak pernah bisa menyelesaikan Q nya Luther Blisset, maka membaca after dark kali ini adalah sebuah pencapaian. sesuatu! :D

sebenarnya semua ini memang dipicu dari seringnya membaca cerita pendek haruki di the new yorker, jadi lebih yakin untuk bisa memahami (dan menikmati) versi panjangnya. pemilihan kata yang sederhana, tanpa banyak diksi dan metafora, membuat after dark memang menghanyutkan, tak sadar dari satu bab ke bab lain, tak sadar sampai pada halaman terakhirnya.

after dark adalah cerita yang sangat intens tentang kejadian-kejadian yang berlangsung dalam satu malam, atau bahkan kurang. dari jam 12an hingga ketika matahari terbit. tentang mari asai dan eri asai, kakak beradik dengan 2 kepribadian yang sangat berbeda. tentang takahashi dan hubungan dengan orang tua. karakter-karakter lain yang hidup membawa takdirnya masing-masing. after dark adalah tentang interaksi antar manusia.

after dark mengaburkan mimpi dan realita, menarik benang masa lalu dan hubungannya dengan saat ini. kejadian yang bisa saja terjadi sekian hari, atau sekian bulan dirangkum dalam satu malam. kitapun yang baca jadi semacam tak sabar untuk menyelesaikannya,

dan seperti biasa, haruki selalu bisa membuat...BAAAMMM! this is it! seperti paragraf ini, don't you think this is just right?



5 comments:

Ian Konjo said...

Hhhmmm... Jadi pusing liat isinya.. Klau aku pasti kebingungan bacanya kalau begitu. Bahasa inggrisku tdak lancar. hehe

Dita said...

Horeee... Kemampuan baca ini lama kelamaan meningkat kok, kalau memang kita niat :) Aku di tahun 2010 cuman tamat 5 buku. Tahun lalu tamat 22 buku rasanya pingin lonjak-lonjak. Kata Mark Manson (suhu kehidupan masa kini) pilihlah buku yang kita nikmati, bukan buku yang seharusnya kita baca. Nanti kalau konsentrasi sudah bagus, mulai deh baca berbagai jenis buku. Maka dari itu, aku kembali ke murder mystery dan young adult fiction :D

Dewi K. Rahmayanti said...

@Ian : ini juga baru pertama, dan ternyata menyenangkan kok! mungkin krn bukunya simpel :D

Dewi K. Rahmayanti said...

@Dita : iya, memulai dari genre yang disuka sehingga membaca jadi nikmat. *trus gugling mark manson*

IBU ENDANG WULANDARI said...

Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI