Saturday, February 06, 2016

buku (ketiga) dan perjalanan : cantik itu luka


buka ketiga yang dibaca tahun ini, ha! melebihi target bulanan untuk menyelesaikan satu buku setiap bulannya. *sombong*

buku ini pertama dibaca pas berangkat ke Yogyakarta akhir bulan lalu, di sela menunggu pesawat berangkat, di sela menunggu pesawat mendarat. biasanya, begitu naik langsung molor :)) setelahnya ngga tersentuh lagi, hingga perjalanan ke surabaya kemarin. ya, mungkin harus sering melakukan perjalanan agar semakin cepat buku terselesaikan. hahaha.

membaca buku ini sangatlah melelahkan, 496 halaman. beberapa halaman kadang saya fast reading karena terlalu panjang dan bertele-tele, tapi kemudian setelah lewat saya mengulangnya kembali karena pada bagian yang panjang dan bertele-tele tersebut ternyata ditulis memang tidak tanpa tujuan.

novel ini sendiri entahlah masuk ke kategori mana, dari pemilihan bahasa yang puitik dan alur yang berangkat dari kehidupan para tuan belanda di jaman penjajahan, membuatnya semacam novel klasik. tapi dari alur yang sangat panjang hingga tahun 70an, dengan celana jeans dan segala macam kehiduan hedon pada tahun segitu, dan pastinya dengan perilaku yang digambarkan, novel ini masih sangat relevan dengan kondisi kekinian.

cantik itu luka semacam cerita sejarah yang melompat-lompat dari satu peristiwa ke peristiwa lainnya, dari perkawinan saudara (dan sekalipun tak pernah ada kata incest disebut di situ) hingga soal marxisme. dengan internationale yang didengungkan di sela-selanya. sambil tak lupa menyelipkan tentang sosialisme, dan bagaimana pada akhirnya berujung pada kapitalisme kecil-kecilan (istilah yang digunakan ketika tokoh komunisnya berjualan celana kolor).

sudah banyak pastinya yang menulis tentang sinopsis novel ini, secara ini novel terbit pertama kali tahun 2004. trus kenapa baru baca sekarang? karena pertama, ngga pernah tertarik dengan sinopsis sampulnya yakni tentang 4 perempuan cantik bersaudara, semua cantik kecuali si bungsu yang menjijikkan. sinopsis yang sangat ngga menarik. karena tanpa harus membacanya, saya tahu rasanya bagaimana menjadi yang paling jelek di antara 4 kakak-kakak perempuan yang cantik. :P

dan alasan kedua, karena tahun lalu buku ini masuk dalam salah satu buku yang dibahas oleh newyorktimes. iya, kiblatnya ke amerika, hahaha.

tapi ternyata novel ini jauh lebih kompleks dari drama keluarga the ugly ducking. setiap tokohnya adalah gambaran karakter yang unik dan persistant, tidak seperti  para medioker yang berfikir dirinya adalah unicorn (sudah, dew..sudah). meski nama dewi ayu, -nama tokoh yang sering disebut- , diklaim sebagai tokoh utama, tapi menurut saya semua tokoh di novel ini adalah tokoh utama. bahkan rosina yang bisupun memegang peranan penting. alur yang diacak, hubungan sebab akibat dari hawa nafsu para tokohnya, membuat saya harus membaca lagi beberapa halaman di belakang, mengingat-ingat ini anak siapa, asalnya dari mana, nama aslinya siapa, hubungannya dengan tokoh lain seperti apa, endebra endebre.

tokoh favorit saya? kamerad kliwon. pemuda komunis yang membawa lubang hitam kemana-mana akibat cinta yang kandas. hahaha. tokoh-tokoh di sini tidak ada yang sempurna, sangat terlihat nyata dengan pilihan-pilihan dan alasan di baliknya. dengan konsekuensi dari apa yang diipilihnya.

novel yang sangat kompleks, intens dan sangat melelahkan. kita seakan tak sempat bernafas santai  dengan membaca hubungan antar tokohnya yang rumit, dengan tatanan sosial yang diacak-acak, tanpa batasan imajinasi dan realita. tanpa ada ukuran norma-norma dan juga dosa. novel ini adalah tentang gambaran hawa nafsu yang terburu-buru, kesabaran yang berbuah dan jatuh cinta yang bisa saja terjadi tanpa rencana.

3 comments:

Rehan putra said...



• ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
APAKAH ANDA INGIN MENANGKAN TERMASUK DALAM KATEGORI INI:

1:PELET PUTIH/PENGASIHAN JARAK JAUH.
2:PENGLARISAN/JIMAT GOIB BISNIS DLL.
3:MENAKLUKKAN LAWAN JENIS.
4:PESUGIHAN,PUTIH.
5:PESUNGIHAN,TUYUL.
6:DILILIT HUTANG
7:SELALU KALAH DALAM BERMAIN TOGEL
8:BUTUH MODAL DALAM BUKA USAHA
9:ANGKA JITU 100% TEMBUS
10:BARANG BERHARGA ANDA SUDAH HABIS

BUAT JUDI TOGEL/MAU SUKSES DAN CEPAT KAYA DAN DAPAT MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKIT APAPUN.
TERUTAMA YANG LAGI MERANTAU DI LUAR NEGRI MAU PULANG TAK PUNYA MODAL
ANDA SUDAH KEMANA MANA TAPI TIDAK MENDAPATKAN
SOLUSI YANG TEPAT,JANGAN ANDA RAGU JALAN PINTAS MENUJU KESUKSESAN

ATAU MENGHUBUNGI LANGSUNG AKY MANGKUBONO
DI NOMOR HP: (((-085_203-333-887))) DAN MUDAH MUDAHAN
INI SUDAH BISA MENJADI SOLUSI ANDA YANG SANGAT TEPAT...

IBU SALMAH said...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 6659 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no CLL (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 689
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..


Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: CLL (((082-313-336-747)))


KLIK DISINI >>> BOCORAN TOGEL HARI INI <<<


angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


angka GHOIB; laos

Master Sgp said...

Sebelum saya ceritrakan kisah hudupku terlebih dahulu .saya hanya ingin berbagi ceritah dengan kalian semua para penggilah togel, awalnya itu saya hanya kuli bagunan,punya anak dua,dan istri saya hanya penjual syayur keliling dikampung kami , ekonomi kami sangat pas-pasan, hutan tambah numpuk, anak saya juga butuh biaya sekolah,hidup ini bener-bener susah.Tapi akhirnya ada teman saya yang bilang bila mau merubah nasib Seperti Saya coba hubungi nomor hp AKI ALIH katanya dia bisa membantu orang yang lagi susah. jadi saya lansung hubungi dan saya menceritakan semuanya, tentang keluarga kami akhirnya saya di kasih angka ghaib [4d,] sudah 3x putaran tembus,dengan adanya AKI ALIH saya sekeluarga bersukur semua utang saya lunas bahkan sekarang saya sudah buka usaha. silahkan anda buktikan sendiri insya allah anda tidak akan kecewa dari angka ghaib AKI ALIH bagi yang berminat hubungi AKI ALIH di nomor ini: : (((_082 313 669 888_)))atau silahkan dan saya sudah buktikan sendiri angka ghaib hasil ritual dari beliau Ternyata Bener Terbukti Hasilnya terima kasih. Sebelum saya ceritrakan kisah hudupku terlebih dahulu. saya hanya ingin berbagi ceritah dengan kalian semua para penggilah togel, awalnya itu saya hanya kuli bagunan,punya anak dua,dan istri saya hanya penjual syayur keliling dikampung kami , ekonomi kami sangat pas-pasan, hutan tambah numpuk, anak saya juga butuh biaya sekolah,hidup ini bener-bener susah.Tapi akhirnya ada teman saya yang bilang bila mau merubah nasib Seperti Saya coba hubungi nomor hp AKI ALIH katanya dia bisa membantu orang yang lagi susah. jadi saya lansung hubungi dan saya menceritakan semuanya, tentang keluarga kami akhirnya saya di kasih angka ghaib [4d,] sudah 3x putaran tembus,dengan adanya AKI ALIH saya sekeluarga bersukur semua utang saya lunas bahkan sekarang saya sudah buka usaha. silahkan anda buktikan sendiri insya allah anda tidak akan kecewa dari angka ghaib AKI ALIH bagi yang berminat hubungi AKI ALIH di nomor ini: (((_082 313 669 888_)))>
KLIK DISINI