Sunday, June 19, 2016

ramadhan, CJR dan anak-anak yang bahagia

tak terasa, puasa sudah berjalan hampir 2 minggu. yang mana lebaran tinggal 2 minggu lagi. dengan kesibukan ini itu, dan cuaca yang masih sesekali hujan setelah beberapa hari panas, menjadikan puasa kali ini lebih ringan dijalani daripada tahun-tahun sebelumnya yang masya allah panasnya. alhamdulillah yaaa... :D

tahun ini, G juga sudah mulai belajar puasa penuh setelah tahun lalu sukses sebulan puasa setengah hari. hingga hari ini yahh... 50:50 lah antara dia puasa setengah hari dan puasa penuh. kadang bisa bertahan seharian tanpa mengeluh, tapi kadang pulang main sudah banyak cingcongnya, yang haus lah..lapar lah, habis main bola, endebra endebre. di tahap ini memang dia masih belum wajib puasa sih, jadi yasudahlah ya. lagipula anak memang sebaiknya menjalankan ibadah dengan riang, puasa dijalani dengan senang, sehingga menjalankan iman tanpa keterpaksaan. ehem!

ngobrolin ibadah dengan riang, jumat lalu beruntung sekali bisa menyaksikan keriangan anak-anak yatim yang mengisi waktu ngabuburitnya dengan hal-hal yang menyenangkan. jadi ceritanya, simbok venus ngajakin untuk buka puasa bareng sama anak-anak yatim dan keluarga Adaro Energy., karena kebetulan ada teman yang bekerja di sana. (hai Mbak Ira...!) Kebetulan hari Jumat memang ngga ada acara, jadi yasudah..diiyainlah ajakan tersebut, dan saya tak menyesal menghadirinya!

Adaro Grou buka puasa bersama 1000 anak yatim


Adaro Energy sendiri adalah perusahaan tambang batubara yang lumayan baru. berdiri dari tahun 2004 dan baru go public di tahun 2008. meski begitu, perusahaan ini masuk dalam jajaran 20 perusahaan terbaik versi majalah Fortune Indonesia di tahun 2013, dan 7 tahun berturut-turut sampai 2015 mendapatkan Proper  (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) Award dari Kementrian Lingkungan Hidup, sebagai  salah satu perusahaan yang menetapkan clean energi dalam pengolahan industrinya. sayangnya industri pertambangan tahun ini lagi lesu ya?

tapi kalau lesu, kok mengadakan acara buka puasa bersama 1000 anak yatim se-jabodetabek? ternyata, ini sudah menjadi tradisi yang sudah berjalan 5 tahunan, jadi tahun inipun tetap diadakan. konon sih ada keinginan untuk mengurangi jumlah undangan, tapi Pak Girabaldi Thohir atau yang akrab dipanggil Pak Boy Thohir --Presiden Direktur sekaligus CEO Adaro Energy--, last minute tetap memutuskan mengundang 1000 anak. berbuat amal memang baiknya tak hitungan ya, pak? :D

Pak Boy Thohir ketika memberi sambutan
(photo credit to Dolly Putra - http://sambilngopi.com)

saya datang ketika acara sudah mulai yakni ketika anak-anak sedang ikutan kuis. dari joged, menjawab pertanyaan seputar pengetahuan tentang Islam, baca doa dan banyak deh. melihat aktivitas itu, rasanya ikutan senang dan deg-degan. setelahnya ada kultum dari ustad  Rashied atau akrab dipanggil Kang Rashied yang membawakan materinya dengan sangat ringan, jadi senang mendengarnya. mungkin karena audience anak-anak ya, jadi penyampaian materi tentang iman disampaikan tanpa ribet. adem dengernya, beragama bisa menjadi sangat sederhana.

suasanya akrab ketika berbuka
(photo credit to Mba Katerina - http://www.travelerien.com)

ngga berasa puasa jika ngabuburitnya diisi dengan keseruan macam gini, tahu-tahu sudah adzan maghrib saja. karena buka puasanya diadakan di stadion indoor GOR Soemantri Kuningan, maka sholat magrib bisa sekaligus diadakan di tempat. setelah menyantap hidangan berbuka yang merupakan gabungan snack dan bakmi GM (hmm..ini bukan berbuka dengan yang ringan lagi!), ada secuap dua cuap sambutan dari Pak Boy Thohir yang pastinya akan menginspirasi anak-anak yang mendengarnya, karena saya aja menjadi terispirasi. begini ya kalau enterpreneur berbicara, isinya adalah testimoni jatuh bangunnya, bikin sini yang susah dikit aja sudah ngeluh jadi kerdil sekali.. :")

selesai? belum! hidangan utamanya malah belum disajikan dan masih dirahasiakan dari anak-anak. Selesai sambutan, dan sambil menikmati makanan yang masih banyak banget macemnya, juga dihibur oleh inhouse band dari Adaro Energy yang melantunkan lagu-lagu rohani. sampai di sini anak-anak masih anteng dan sibuk dengan makanannya. sampai akhirnyaaa...kejutan dikeluarkan! Yakni CJR yang diam-diam dihadirkan untuk menyenangkan mereka. Siapa CJR? CJR adalah boyband yang dulunya anak-anak tapi sekarang sudah menjadi remaja dan menjadi idola keduanya. begitu CJR masuk panggung, yaolohhh... itu anak-anak yang sebelumnya duduk rapi di barisan kelompok pada merangsek maju, mengabaikan jejeran direksi Adaro Energy yang duduk di barisan depan. Saya sampe ngakak-ngakak melihat Pak Boy Thohir, Sandiago Uno dan Pak Timur Pradopo minggir pelan-pelan dari serbuan anak-anak ke panggung ketemu idola mereka. baru kali ini direksi disingkirkan oleh anak-anak :))


histreria anak-anak ketika CJR menyanyi untuk mereka
(photo credit to Mba Katerina - http://www.travelerien.com)

Teuku Ryz, Alvaro dan Iqbal dari CJR
(photo credit to Mba Katerina - http://www.travelerien.com)
Kalau biasanya setiap nonton konser sayapun ngga tahan untuk melantai, kali ini saya nonton penonton yang lagi nonton konser. iya, nonton penonton. karena sebenarnya tak satupun saya paham lagu CJR, hahaha. meski begitu, tetap ya terbawa oleh  suasanya anak-anak yang ketemu idolanya. ternyata ngga jauh beda dengan saya nonton Peterpan pada jamannya dan beum jadi Noah ya, atau Naif yang mana joged-joged sambil memeluk pundak temannya membuat barisna panjang dan mengangkat kaki. bahkan di konser ini, ada pula miniatur spanduk Slank yang selalu ada di konser manapun, hanya saja bedanya kali ini yang digunakan adalah papan nomor bus :))

CJR sendiri ada kali 30 menit menyanyi di atas panggung, bahkan ada 1 sesi yag mengajak penonton remaja cewek untuk nyanyi bersama. aduduhhh... tahu banget tuh rasanya diajak nyanyi di panggung sama idola. bisa ngga tidur!

tante-tante bahagia di konser CJR :D
(photo credit to Mba Katerina - http://www.travelerien.com)

sepanjang acara, tak berhenti saya tertawa, atau terbengong - bengong melamunkan nasib anak-anak panti asuhan yang mau ngga mau membuat saya sentimentil. ini mungkin salah satu momen terbaik ramadhan yang saya alami. malam yang menyenangkan. malam yang membuat hati saya hangat karena melihat anak-anak yang bahagia. sepertinya Adaro Energy tahu sekali bagaimana membahagiakan anak-anak ini. tidak cukup dengan bingkisan, tapi juga memberikan hiburan untuk bertemu idolanya. dan kayaknya ini jauh lebih berarti dari bingkisan yang mereka bawa pulang kan ya?

semoga demikian :)

4 comments:

DollyPR said...

Iya, nyanyi bareng CJR akan meninggalkan kenangan yg membekas di hati anak2 itu. Salut pak Boy Thohir

Dewi K. Rahmayanti said...

bener bangett! macam kita dulu ketemu idola, ingetnya sampe bertahun-tahun kemudian. kebahagiaan kadang memang ngga soal materi yaa..

Katerina. S said...

Senang melihat anak-anak itu gembira dan bahagia. Semoga berkah dan rejeki Adaro makin berlimpah. Aamiin

Dewi K. Rahmayanti said...

Iyaa mbak, Katerina.. kita melihat bahagia ukurannya beda-beda ya.. (yahh..ngobrolin tante vs CJR gitu) hahaha