Thursday, April 17, 2008

tentang kepercayaan

menurutmu, darimana sebuah kepercayaan bisa dibentuk?

karena percaya adalah sebuah proses. seperti ketika saya percaya bahwa semua orang itu tidak selalu baik. ketika seseorang sedang berbuat baik kepada saya, saya mempercayai bahwa kebaikan itu memang tulus. lalu ketika seseorang itu berbuat jahat pada saya, sayapun peraya bahwa itu sudah menjadi bagian dari resiko yang harus saya ambil ketika saya menjalin hubungan dengan orang itu.

tidak ada orang yang selalu baik, seperti tidak adanya orang yang selalu berbuat jahat. mengambil kesimpulan bahwa semua orang baik adalah naif. dan menaruh kecurigaan pada semua orang juga tidak dianjurkan, karena curiga hanya akan membuat pikiran kita sempit, dan tidak objektif.

semalam seseorang bertanya pada saya, apa yang bisa kulakukan untuk membuatmu percaya?

saya katakan saya tidak tahu, karena percaya bukan soalan kecil seperti kita menjentikkan jari tangan lalu, klik.. lahirlah rasa percaya itu. percaya adalah proses panjang, dari rangkaian kujujuran, pembuktian dan yang tak kalah penting, insting. firasat. chemistry. dan saat ini, insting saya sednag tidak ingin percaya. sama ketika hal sebelumnya terjadi, dan saya terhianati. berulang kali.

7 comments:

Arie said...

Dew ... I believe I can fly :D

saya percaya, kalo dirimu pasti bisa memutuskan yang terbaik :)

Silverlines said...

Sometimes we as girls are carried away by our own imagination and feeling, that affect our judgement and decision.
Cooling it down probably the best first action to do, before even deciding anything.

Decision is not always the best thing, sometimes you don't even required to decide.

Silverlines said...

*sometimes you're not even required to decide, that is.


PS: Hang in there would be cliché, but please, hang in there.

stey said...

as i said mbak,
menjadi setia itu mudah,
berusaha percaya itu susah..

venus said...

rasa percaya, insting, pengkhianatan.

biasanya aku percaya apa kata hatiku, dew. tapi kadang kata hati juga gak selalu bener, sih. kalo gak ati2, dan emosi lagi naik turun, yang terbaca sebagai kata hati ternyata cuma kerjaan si emosi itu tadi. jadi ya...

are you okay, baby?

Hedi said...

percaya kadang bersifat pilihan...mau atau tidak, itu aja...

ngga. said...

mampir yah mbak...

aq percaya yang namanya kepercayaan itu ga bisa dibikin.. walo bagaimanapun caranya... kepercayaan bakalan lahir dg sendirinya seiring waktu.. dan gitu juga, kepercayaan bakalan pergi tanpa kita sendiri sadari...

dan sampe skr, aq sendiri masih pny masalah dalam melahirkan kepercayaan dlm suatu hubungan... huh...