Monday, February 08, 2016

catatan kelahiran


sambil menunggu pesawat yang berangkat malam ini menuju jakarta, saya menyalakan laptop di sebuah coffee shop di tengah kota surabaya. bukankah coffee shop adalah tempat paling ideal untuk menunggu. membuang waktu dengan mengamati orang-orang yang (mungkin) juga sedang membuang waktu. dan uang.

pekerjaan belakangan memberikan saya lebih banyak kesempatan untuk melakukan perjalanan. tugas yang bisa diselesaikan satu hari, kadang saya panjang-panjangkan untuk melakukan perjalanan seorang diri. sesuatu yang sudah lama tidak pernah lagi saya lakukan. mungkin sejak ada G, atau jauh sebelum itu.

sebenarnya tidak selama itu pula saya tidak pernah jalan-jalan. toh sejak menikah, punya anak, bekerja, setiap tahun tetap ada saja perjalanan ke luar kota. untuk liburan, untuk pekerjaan. tapi, seberapa banyak di antaranya yang dilakukan sendirian?

bisa dibilang, melakukan perjalanan sendirian setelah sekian lama, membuat saya gamang. apa yang akan saya lakukan, kemana saya akan berjalan? pertanyaan-pertanyaan itu terkadang justru membuat saya enggan, lalu buru-buru pulang setelah kerjaan terselesaikan. itu yang terjadi selama 6 tahun ini. tentu saja juga karena kerinduan akan rumah selalu memanggil untuk pulang.

padahal, melakukan perjalanan, sendirian, adalah perjalanan yang sesungguhnya. saya mempunyai kesempatan lebih untuk memahami diri sendiri. mau ngapain? mau makan apa? mau kemana? satu-satunya barrier untuk melakukannya adalah waktu, pada jam berapa saya harus ada dimana. perjalanan yang dilakukan sendirian, semacam meditasi ketika saya harus belajar untuk menyelami diri sendiri, -ketika sekian tahun ini-, saya adalah suami, anak, pekerjaan, rekan kerja. a part of society.

berjalan sendirian, membuat saya memikirkan banyak hal. ketika semua atribut itu dilepas, apakah saya? siapakah saya?

saya percaya, dari dulu, bahwa saya harus melengkapi diri saya sendiri sebelum berusaha untuk melengkai orang lain. saya juga harus bisa berbahagia, sebelum bisa membuat orang lain bahagia. karena jika tidak, maka saya hanya akan menjadi seseorang yang demanding, yang menanggungkan kebahagiaan dan keinginan saya ke orang - orang yang berada di sekitar. bukankah hidup akan lebih baik jika bisa memberi, bukan meminta? dan saya rasa, manusia hanya akan bisa memberi ketika dirinya sudah merasa cukup. 

saya merasa apa yang sudah saya lalui, adalah cukup. cukup menjadikan saya menjadi manusia, yang sangat sadar akan batasan, yang sangat paham akan kekecewaan, sekaligus sangat bebal untuk terus punya harapan. saya merasa cukup, untuk paham bahwa tidak semua hal harus terjadi sesuai kehendak, bahwa setiap perjalanan selalu dihadapkan pada persimpangan. bahwa manusia tidak akan bisa selamanya bersama, karena itu sebaiknya nikmati saja semua selagi bisa. saya merasa cukup untuk menggantungkan mimpi di tempat yang bisa saya gapai. cukup untuk tahu dimana batas yang nyata dan euforia. 

and there i am content. 

perempuan, 33 tahun.  mudah bahagia. menggilai lari, masih menggemari pantai. peminum kopi hitam tanpa gula. sesekali berenang, sesekali membaca dan masih terus menulis. menikmati perjalanan dengan segala kejutannya.


~caturra espresso surabaya, 6 februari 2016.

6 comments:

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...


SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

IBU ENDANG WULANDARI said...

Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

IBU ENDANG WULANDARI said...

assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

Unknown said...

Nice Story..

Blog Download Music Mp3 FULL Album

Pyruos ID said...

Thanks to admin was sharing this idea Cara komputer dan laptop, Pyruos Film | Download Streaming Film Subtitle Indonesia, Pyruos Gadget - All About Gadget PC Laptop Smartphone and Pyruos Shop | Apa yang anda butuhkan ada disini!, Kangen Water dan Beauty Water