Thursday, November 08, 2007

tentang inspirasi

sudah entah kali keberapa saya bilang kembali, kembali menulis, kembali ke dunia blog. tapi lagi-lagi, saya malas. maka mulailah saya mengkambinghitamkan semuanya. mulai dari tumpukan pekerjaan yang tak kunjung surut, padahal saya dibayar untuk menyelesaikan pekerjaan, dan bukannya membuatnya seakan2 penyebab saya tidak bisa ngeblog, lalu saya juga mulai menyalahkan kerutinan yang membosankan, dan paling parah, saya mulai menyalahkan waktu, kenapa hanya ada 24 jam! sedangkan saya rasa saya memerlukan lebih dari itu semua.

padahal jika diliat2 lagi, tidak ada kesibukan yang benar-benar menyita waktu saya. sesekali pulang kantor ketika matahari sudah tenggelam hanya dilakukan kadang - kadang. singgah di kedai kopipun sebenarnya masih sempat untuk dilakukan, toh berjalan sedikit memutar ke arah pantai kuta sambil duduk di bangku panjang, tak kan membuat waktu saya semakin tersita. bukankah kesenangan tetap menjadi hal yang istimewa, dan bahkan kadang harus ditebus dnegan harga mahalnya? mengirim pesan pendek ke beberapa teman untuk menyambung hubungan hanya menyita sekian menit saja, yang sayangnya, tak pernah terlintas untuk saya lakukan. yah, saya makin terkubur, dan saya mengubur diri saya semakin dalam. memaklumi, memaafkan, dan memanjakan diri dengan kemalasan.

parahnya, saya mulai malas mikir. mulai malas untuk menerjemahkan pikiran saya, apalagi untuk menuangkannya ke dalam kata - kata. pokok dari semuanya, hal hal yang terjadi di sekitar saya, melintas begitu saja, tanpa sempat saya membuatnya berhenti sejenak di ingatan saya. mungkin memang berlebihan, tapi seringkali saya memirip-miripkan diri saya sama michael scofield di serial prison break, bedanya ketika michael suka menganalisa kerja sebuah mekanik, saya suka menganalisa kejadian ga penting, hehe. hal yang tidak pernah lagi saya lakukan.

tapi mungkin memang pagi ini saya memang sengaja disentil untuk menulis lagi. yah, biarpun saya tidak pernah lagi menulis, saya tetap tidak bisa meninggalkan kebiasaan blogwalking. dan dari satu link, dari satu kata - kata, tak jarang saya tersesat ke kata - kata lainnya. dan ini menyenangkan. pun ketika saya tersesat di salah satu blog, yang saya baca dari blog si ndoro. yah, saya memang menyukai blog - blog yang puitis, saya menjadi lebih gampang untuk meresapinya, memposisikan diri saya seperti si penulis.

dan begitulah ketika saya membaca blog ini, seakan deja vu, apa yang dia tulis , perasaan ketika membaca tulisannya, seperti pernah saya rasakan. mungkin pada suatu masa yang entah. dan kata - katanya, seperti tak lagi asing buat saya. tapi bukankan dunia sendiri adalah rangkaian pengulangan - pengulangan? bisa saja saya menemukan kata yang sama entah di ranah yang mana. bahkan terpikir, kata - kata itu mirip dengan apa yang pernah saya tuliskan. tak begitu yakin, karena sayapun terkadang merasa asing dengan tulisan yang pernah saya goreskan. yah, begitulah.. emosi memang seringkali tak pasti, dan ketika dihadapkan pada kondisi yang tak lagi sama, saya pun seringkali tak menyadari, pernah berada disana. ya, masa lalu tak ubahnya lelucon yang membuat saya seringkali berfikir, ah..benarkah saya se tolol itu?

tapi karena keisengan, dan ehm..saya lagi tak ada kerjaan, saya pun googling tentang tulisan - tulisan itu. dan voila!!! saya menemukan link ini, ini , dan ini, serta ini. penggalan - penggalan tulisan terangkum salam satu postingan tersebut adalah tulisan saya. uhuk.. uhuk.. saya jadi ngerasa tersanjung, ada sedikit rasa bangga, dan kesombongan manusia, hahaha, bahwa saya memiliki silent reader, yang sudi membuka arsip - arsip lama, dan menuliskannya lagi dengan begitu indahnya. bahkan menginspirasi si ndoro itu, orang yang saya kagumi diam2 :D untunglah saya sedikit lebih sibuk dari si mbak sarah yang cantik ini, sehingga tidak sempat membuka arsip2 beliau dan mendapatkan inspirasi darinya. eh.. mencomot2 tulisannya ding!! lalu merangkaikan satu paragraf baru, hehe.

ah, tapi apa yang asli di dunia? bahkan hari - hari pun tak ubahnya rangkaian pengulangan yang sama. same shit, different day. no?

23 comments:

lav said...

kebetulan yang mengerikan ...

*tabahkan hatimu :p

crushdew said...

sudahlah non, jangan menangis darah..hahahaha...daripada sedih cuman muterin kuta mending kita bikin polusi jakarta lebih banyak..iya ga lav?

venus said...

ada dua kemungkinan. satu, dia secret admirermu. dua, memang begitulah dunia ini, dew. they say there's nothing new under the sun. tiga, bener2 cuma kebetulan.

yah, kok ada tiga? :D

aprikot said...

selamat kembali buw''*hugs*

-Fitri Mohan- said...

dewi, aku barusan lihat blognya si sarah. begitu ngeliat di postingan pertama aja langsung ngerasa jangan-jangan itu blogmu yang lain. :D

Hedi said...

tuh ya kan, ngeblog bikin penasaran dan asyik...tanpa kita ketahui ada yg menyusup :D mudah2an sih cuma sekadar baca, bukan maksud negatif...

nananias said...

nulis pertanyaan dengan akhiran , no? itu kamu nyontek saya kan, dan saya nyontek bos prancis saya yang ganteng itu.

hidup mencontek!

anggap aja efek samping dari jadi selep.. an beras wi :p

ndoro kakung said...

cup ... cup ... cup *peluk dewi* [halah, curi kesempatan :P]

dodi said...

hwadoh, hwadoh. kejadian lagi yang kaya gini ya. kacau...

*kirim kue2 ke Bali*

eh masih di Bali kan?

rama said...

halah, itu artinya kamu sedang merindukan seseorang dalam2....
sampe kamu gak tau lagi cara menumpahkan sesuatu lewat hobi. huhuhu, sok tau lagi diriku :)
how r u nduk??

D2R3D2 said...

ora melu melu aku................:ngacir:

Sarah said...

maybe i'm is the one your secret admirer mb'dewi, may i?? salam kenal yaa..

-tikabanget- ™ said...

^^
ngulik ngulik arsip sayah aja mbak kalo gitu..
hihihi..

-tikabanget- ™ said...

@ sarah :
betewe, sar..
may i am is the one..
coba konsultasikan ke mbak nananias yang guru basa linggis..
:D

Sarah said...

iya nih, ngukllik...nguklik... royaltinya gede' gag yaa?? heheh.. (hiii...atut)

yang emosi said...

to sarah...

minta maaf geeh !!!
ga usah sok innocent deh. malah keliatan bodoh tau!

Nico Wijaya said...

Tukang ronda datang...*fuuh,setelah ngeronda dikelurahan sebelah*

yati said...

ngeselin yak? dikira nulis itu gampang? dikira nemu ide itu gampang?
saya juga pernah postingan saya dikopas utuh, rasanya nyebelin. Tapi...trus diapain ya?

mmm...saya juga memunguti kata per kata dari beberapa buku, lalu saya merangkainya. penulis bukunya marah ga ya? tapi saya mencantumkan nama dan bukunya :(

mata said...

saya coba cek blognya sarah lagi ternyata dah dihapus sepertinya...

ika said...

wow,,saya ya kebetulan dah lama gak blogwalking,,sekalinya blogwalking dapat 'kisah tragis' kek gini,,,hehe..mbak,kalo boleh saya link ya...

dewi pras said...

waduh wi...
dewi udah lama banget ngga blogwalking, sampe akhirnya dapet kabar blog mu ada yg kopas...

tapi ada hikmahnya ya... berarti banyak banget yang sayang sama biar terus nulis, ^_-

*btw, kapan ke bandung lagi?*

leksa said...

oooo..
ini toh blog yang di copaste..
eh.. aku udah pernah kesini blom yah.. hehhe

seperti istilah seseorang disebelah
"belantara kata-kata"..

Dede Somantri said...

""ah, tapi apa yang asli di dunia? bahkan hari - hari pun tak ubahnya rangkaian pengulangan yang sama. same shit, different day. no?""

no,no.
hari yang lalu tidak boleh sama, hari ini atau hari kelak harus lebih baik lagi.