Tuesday, May 02, 2006

tentang televisi, arisan!, kalya, dan kalyana

ya, mungkin ini memang agak basi. tapi berhubung saya memang jarang nonton televisi, jadi tak apalah klo baru sekarang saya menulis ini. maklum, semalem, ketika terkubur dengan kebosanan dan kelelahan akut, akhirnya saya memilih untuk mengakhiri malam, di depan tivi. jam nonton tivi saya sepertinya juga masih bisa di hitung dengan jari. saya tak terlalu suka dengan infotainmen, dan saya juga bukan tivi addicted (lebih cenderung ke internet addicted keknya :D), makanya kmaren kaget pas mencet2 remote kontrol sambil nonton extravaganza (yg skarang udah mulai banyak yang ulang-an dari tayangan sebelumnya), eh..ternyata stasiun tivi ini punya Arisan! The Series. duhh... kemana aja saya slama ini??

diantara sekian banyak filem indonesia yang menjamur, Arisan! menjadi salah satu favorit saya. dari pemain2nya, jalan ceritanya, settingan gambarnya, apapun lah, saya suka. bahkan, saya menontonnya sebanyak 3 kali. filem ringan dengan banyak pesan moral. *halah* meskipun nia dinata pernah bilang pada saat wawancara, "pesan moralnya nggak ada..klo pake pesan moral kok kesannya menggurui..." dan saya merasa tertohok saat mendengar kata2 ini. hihi.

pertama agak pesimis dengan filem layar lebar yang dibikin berseri, trauma klo2 ceritanya akan brubah jadi crita macem sinetron picisan. tapi, ternyata ini ga berlaku untuk filem ini. dari pemainnya, settingan dan laen2nya, smua masih sama seperti ketika film nya dibuat. makanya, meski mata sudah 5 watt (hah???!! belum jam 10 dah 5 watt?!?!?!), saya tetap memaksa nonton. hasilnya? meski tak sampai selesai karena saya keburu molor, tapi setidaknya rasa penasaran saya sudah terbayarkan lah. :D

dan nonton Arisan! ini, mengingatkan saya ke beberapa hal,
  • bukunya Enzinky yang berjudul Ini Dia, Hidup.
    krn buku ini juga bercerita ttg hubungan sesama jenis, hubungan yang ternyata begitu indah. saya membaca buku ini beberapa tahun lalu.

  • novel Puing.
    alasannya sama, ada satu episode yang bercerita ttg hubungan sesama jenis juga. klo buku sebelumnya bercerita ttg gay, kali ini lesbian. trus terang, buku2 ini memberikan saya pemahaman yang lebih dari sebelumnya.

  • setiap kali membaca rumah produksinya, kalyanashira, saya selalu inget sama ibu ini. iya, dia punya blog dengan nama yang hampir sama, kalyanamitra. *hai, jeung..!!* :D

  • inget juga ma satu art shop di daerah legian (atau seminyak?), namanya juga hampir2 mirip gitu deh, Kalyan.

  • entah karena ibu ini, atau filem ini, kok saya merasa kalya itu nama yang cantik yah? haduh.

  • dan tokoh sakti, yang diperanin tora sudiro, mengingatkan saya akan mantan drummernya sheila on 7 (meski saya tak terlalu nge fans ma groupnya). ga ada kemiripan diantara kedua, kcuali sama2 memakai nama sakti.

  • nama sakti juga ngingetin saya akan seseorang yang nge-shout di sb saya beberapa hari lalu dan sempat saya posting. hehe, seharian saya masih terbayang2 message itu.


halah..halah! keknya malah makin nglantur ke hal-hal ga penting. :D

dan berhubung saya penasaran dengan arti kalya, kalyana, dan yang mirip2 itu, akhirnya saya googling dan nemuin ini,
  • Kalyana, is one of the neighborhoods of New Karachi Town in Karachi, Sindh, Pakistan. Over 99% of the population is Muslim. The population of New Karachi Town is estimated to be nearly one million.

  • from this site and this site, Kalyanamitra is the Sanskrit word for spiritual friendship. This friendship is something much more than someone to hang out with, but rather connotes a person or even a thing that becomes our guide, a teacher, and serves to inspire us along our path to awakening. It says, For instance, we could say that illness is kalyanamitra. The death of a sibling can be kalyanamitra. The birth of our child can be kalyanamitra. Falling in love can be kalyanamitra.

  • and from this one, the meaning of Kalya is healthy, vigorous, beauty, and agreeable.


tapi sampe saya kelar nulis ini, dan mengkorupsi beberapa jam untuk googling dan posting *wink* serta menghabiskan 2 kaleng nescafe ice, kok keknya penjelasan2 diatas masih belum bisa membayar rasa penasaran saya ya?! apa krn memang unuk googling saja saya tak mahir?! hehe.

ada yang bisa bantu, sebenarnya, arti dari kalya dan kalyana itu apa sih? :D

8 comments:

lavender said...

wadoohhh, jadi pengen tau juga apaan itu?
buset, beberapa jam googling en posting? ngoment aja gw nyolong menit.
huehuehe

b. gundul S. Farm said...

ayo arisan

nananias said...

waduh. aku ngga tau wi. sumpah!

kalyanamitranya bayik keren tuh! gilingan padi disawah emang tu anak ngakunya aja anti mikir tapi tulisannya keren!

*berencana jitak bayik di pertemuan yang seringkali tertunda*

bay said...

yah kalo gue sih cukup puas dengan arti "spiritual friends" dst...

* nunda2 ketemuan terus biar gak kena jitak si nana :P *

MnX said...

kalyanamitra bukannya nama LSM? *bingung*

v n u z said...

Hwanjrit!!!

gara-gara ini aku jadi pusing sendiri, aku juga gag nemu soal Klya dan Kalyana selain seperti deskripsimu.


*penasaran*

ebo said...

Sakti kok main drum? gitar lagi...

sanggar said...

menurut dosen sy yg notabene dosen handal di Jawa Kuna, Kalyana bliau artikan sebagai "sahabat dalam kebajikan"
sy punya tu kamusnya..
pun anakku kunamai Kalyana
me.. johanargono@yahoo.co.id