Friday, November 10, 2006

tentang pahlawan - pahlawan

hari ini hari pahlawan, nduk.


iyah, mak. hari ini hari pahlawan. saya masih ingat betul kok. meski kesibukan saya mengais rupiah setiap harinya, tapi saya ingat betul hari ini tanggal 10 november. dan 10 november 61 tahun lalu, di sebuah hotel yang sekarang namanya hotel majapahit, penjuang kita dengan gagah berani telah merobek bendera belanda dan mengibarkan sang merah putih tercinta.

61 tahun, mak!! 61 tahun kita merdeka!! usia yang tua yah?! tapi kenapa kita tak juga dewasa yah ,mak? atau memang kita tak pernah benar - benar merdeka? jangan2 seperti yang dikata teman saya yah mak, merdeka..itu kesalahan fatal kosa kata yang dimasukkan ke memori manusia??

siapa pahlawan emak?? pasti deh, mak akan cerita tentang pangeran diponegoro, lalu i gusti ngurah rai, merembet lagi ke idola mak, proklamator kita, gitu khan? memang seh mereka pahlawan yang diakui negara dan masyarakat indonesia, saya juga mengakuinya. tapi saya juga punya beberapa pahlawan lagi. mak tau ga, pahlawan saya siapa?

pahlawan saya adalah pak wek. iyah mak, tukang becak yang seringkali mengantarkan saya ke kuburan kakak itu. dia itu yang tetap bertahan tergilas modernisasi jaman. melestarikan kebudayaan katanya, lewat becak tua. dia juga yang ketika saya terjebak di emperan toko karena hujan deras, tiba2 muncul mengantar saya pulang dan begitulah dia menjadi pahlawan.

lalu mak, ada juga mak romelah. tau khan, mak romelah. iyah, yang suka mengambil sampah2 plastik dan botol2 bekas di tempat sampah itu. coba bayangin, dia memunguti plastik2 dan botol2 kotor itu, lalu mendaur ulang semuanya. jika dia tak melakukannya, memungkinkan tumpukan - tumpukan sampah di kota ini akan jadi gunung sampah, dan suatu kali akan menimbun warga yang berdiam di bawahnya seperti yang terjadi di kota tetangga. dia patut jadi pahlawan khan, mak?

juga si nyoman. ah, mak pasti tak mengenalnya. dia teman saya, yang setiap hari berangkat petang pulang tengah malam. emak tau apa yang dia lakukan? dia memberikan kursus dan mengajar anak - anak jalanan. keluar masuk satu rumah singgah ke kawasan kumuh. pernah juga dia pulang dengan kepala bonyok - bonyok. dia dihajar massa mak, karena dikira dia ngumpulin anak - anak untuk di sodomi, setelah maraknya kasus pedophil. sedih yah mak, padahal dia hanya ingin mencerdaskan anak - anak bangsa ditengah tingginya biaya pendidikan yang semakin susah dijangkau mereka.

oya, mak juga pahlawan saya loh. meski saya bontot dan tak pernah melihat emak melahirkan adek, saya tau gimana sulitnya melahirkan. pasti susah sekali yah? mak musti mempertaruhkan jiwa raga. belum lagi membesarkan saya dan kakak2. emak hebat deh, bisa membuat kami tumbuh tanpa kekurangan apapun meski tak juga berlebihan. apalagi kami bandel2 sekali yah? untuk mendeskripsikan kehebatan emak, saya sampai habis kata - kata.

mak, kenapa yah seringkali orang diberi gelar pahlawan ketika sudah tiada? dan semasa hidupnya diabaikan begitu saja?

.....
I need a hero
I'm holding out for a hero 'til the end of the night
He's gotta be strong
And he's gotta be fast
And he's gotta be fresh from the fight
I need a hero
I'm holding out for a hero 'til the morning light
He's gotta be sure
And it's gotta be soon
And he's gotta be larger than life

Somewhere after midnight
In my wildest fantasy
Somewhere just beyond my reach
There's someone reaching back for me
Racing on the thunder and rising with the heat
It's gonna take a superman to sweep me off my feet
**Frou Frou ~ Holding Out for a Hero
.....

12 comments:

ramacreebo said...

You need a hero?
call: 08133-SUPER-MAN
dee, postingan menyentuh yah! :)
aku gak punya otak lagi untuk ngehina postingan ini seperti sebelumnya.
damn, you're good!

lavender said...

terbiasa baru menghargai sesuatu jika kita sudah kehilangannya...arggg...

gita said...

lah yg msih idup pun bnyk yg diabaikan wi, lah itu pra guru :D

pria.purnama said...

have i told you that you have never ever failed to amaze me?

well, now you know ;)

Anang said...

banyak yang lupa apa arti perjuangan

Anonymous said...

indonesia butuh pejuang yang kembali memekikkan kata merdeka ...

the hero said...

i'm the last superhero ;)

venus said...

masing-masing kita adalah pahlawan. percaya gak, dew?

venus said...

'cerpen tentang cerpen' ?? udah punya, say...hehehe

setuju. dee bagus, tapi teteup, yg paling paporit ya si ayu utami. sparkling !! sayangnya kurang produktif yak? :)

dirac said...

katanya, makin tua makin nggilani, mungkin itu alasan kenapa bangsa ini tidak bisa maju

bebek said...

pahlawan... kapan ya bisa jadi someone's hero... :P:">

Kramero said...

aku cinta Mama...