Wednesday, December 14, 2005

tentang [donor] darah

kabuki_clashxx : eh,jam sgini baru dateng!! kmane aje?
great_days : donor gw.
kabuki_clashxx : weks, pasti gara2 petugas PMInya brondong cakep yah?
great_days : hayahh,tau aja!


kmaren kk si ayu ngasi tau klo hr ini jadwal donor. tapi baru kali ini hampir ditolak gara-gara ga memenuhi syarat. perlu usaha keras untuk merayu brondong cakep bapak petugasnya. bahkan diperlukan pengorbanan dengan berlutut memohon2 sgala. *boong*

.....
bapak petugas : ini tensinya cuma 105, ga bisa nih.
saya : khan kurang dikit pak, di diskon bisa ga?!
bapak petugas : ga bisa. emangnya matahari ada diskon!? *loh?!bapak suka belanja di matahari yah? wah..wah, saya juga tuh!!! :P~*
saya : *pasang tampang merajuk*
bapak petugas : [tanpa senyum dan ga ada manis2nya] coba makan telor, minum kopi, kacang ijo, atau susu, trus lompat2. *sambil nunjuk persediaan sembako untuk para pendonor*
.....

pasrah, berjalan dengan gontai, minum 2 gelas susu [ah, sepagi ini saya sudah habiskan 3 gelas, jadi dietnya gimana dong?!!!], segelas kecil kopi, trus..telor? hueks, saya tidak suka telor rebus!! dan akhirnya lompat2?! ogah ah, saya hanya naek turun tangga kantor 3 lantai tsb sebanyak 2kali. dan akhirnya menghadap lagi.

.....
bapak petugas : [masih dengan kening berkerut] kurang ini, rendah sekali.
saya : plis deh pak! jangan pelit-pelit!!! [bicara dgn hati]
saya : khan kurangnya dikit, gpp deh pak.
bapak petugas : ntar klo pingsan gimana?
saya : nggak pak. saya akan baek-2 aja kok, yakin deh! *tetep maksa, dengan tampang sok kuat*
.....

dan pembicaraan serta rayuan2 selanjutnya tidak penting. perjuangan berakhir dengan satu jarum di tusukkan pada tangan kiri saya, dan 250cc darah mengalir dengan santainya pada sekantong plastik. ya, tentu saja bukan sembarang plastik, apalagi plastik pembungkus gula, hehe. kelar. saya mulai pusing, minum segelas susu lagi dan akhirnya lemes. huehehe, ternyata benar kata seorang teman, tenaga saya tak sebesar semangat saya.

tadi ada sedikit insiden. seorang bapak2 yng juga pendonor, mengalami pendarahan hebat *pendarahan bukan untuk istilah kehamilan aja khan?!*. darah tak berhenti meskipun jarum sudah tercabut. entah knapa, tapi yg jelas kesalahan terletak pada petugas yg kurang ati2 buat nyabut jarum na. ya, dan itu sangat..hm, apa yah.. sangat sensasional!! hueh, bahasanya. aduh, susah untuk mendiskripsikan perasaan pas ngeliat darah muncrat, tercecer dimana-mana, cipratin tempat tidur, baju, muka orang2 yg brada di sekeliling bapak tadi, bahkan menggenangi lengannya. aduhhh, warna merahnya itu loh..keren!!!

ya, ini baru ke-5 kalinya saya donor, berawal dari akhir taon lalu. ga da motivasi khusus, atau muluk2, klo bisa [sedikit] berbuat baek, knapa nggak?! saya hanya mencoba memberikan apa yang saya punya. *tsahhh* ada yang mau ginjal saya? otak saya? atau kornea saya? sumsum tulang belakang? ambil...ambil!! tapi jangan minta hati saya yah, krn bagian tubuh saya yang ini udah lecet dimana-mana, banyak bekas sayatan, dan bentuknya pun udah ga utuh lagi, sebagian udah membusuk, dan sebagian lagi udah terbang entah kemana.

aduh, kok jadi ngomongin ati?! fokus dew..fokus!!!

balik ke donor darah, ini ada persyaratan2 buat ikutan donor darah yang diambil dari website ini:

a.Umur : 17 - 60 thn *syukurlah, ultah ke 17 saya baru lewat beberapa bulan lalu*
17 tahun boleh donor bila sehat, benar-benar bersedia dan izin tertulis dari orang tua. Sampai dengan 65 tahun untuk donor tetap masih dapat menyumbangkan darah dengan jarak penyumbangan 3 bulan sampai akhir berhenti atas pertimbangan dokter.

a.Berat badan : paling sedikit 45 kg. *berat sayah pada ukuran yg agak sexy ini cuman 52kg :P~*

b.Temperatur tubuh : 36,6 - 37,5 o C. (Oral)

c.Tekanan darah
Sistole = 110 - 160 mm Hg.*ga masalah, meskipun dipompa dnegan 3 gelas susu, segelas kopi dan naek turun tangga sampai betis gempor*
Diastole = 70 - 100 mm Hg.

d.Denyut nadi: Teratur 50 - 100 per menit.

e.Hemoglobin
Wanita minimal = 12 gr %
Pria minimal = 12,5 gr %

f.Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor. *bukannya wanita sudah menyumbangkan darahnya tiap bulan?!*

enough bout "donor darah".

ada beberapa note penting buat hari ini :
1. pohon natal di kantor sudah dipasang, saya tahu, ini sudah terlambat!! aduh..boss, knapa ga dari kmaren2 ajah?! , yeap..christmas season all the day, i love december anyway!!
2. seorang teman, dari hotel ini dateng ke kantor dengan segerombolan pasukan, seakan santa klaus yang lagi bagi2 hadiah, sepaket parcel buat boss dan sebotol wine buat sayah *loh?!*
3. temen lama nelpon, janjian makan siang. *hey..makasih buat ajakan kamuhh!! ;)*

6 comments:

Deddy said...

btw, donor di mana?

sa said...

saluttt.. :)

Demarco said...

Duhhhhh...
Badanku serasa lemes banget waktu baca postinganmu.
Bukan lemes gara-gara darah yang katanya muncrat itu, tapi aku alergi banget dengan yang namanya jarum. *ngeri*

thirteen said...

setau gue ngga boleh lebih dari sekali tiap 6 bulan lho wi, 3 bulan sekali sih fine tapi ngga gitu disarankan, hehehe sayah sudah lebuh dari 7 kali donor, pengen ketemu presiden nih kalo udah 100kali kan bisa ketemu tuh hihihihi..

nana nih tukang ngeyel dari nusa dua!

snydez said...

ada tambahan lagi.
tiap orang, darahnya diambil beda beda,... tergantung gede badan (berat badan maksudnya) :P

bubbles said...

#nana : menurut bapak petugasnya, 3 bulan sekali udah bagus kok, na.. tapi mungkin 6 bulan lebih bagus lagi, apalagi buat cewe2 macem kita, yg udah donor tiap bulannya. hehe.

#sonny : ya, ya..tergantung gedhe badan dan tekanan nya, klo saya mah..250cc aja udah cukup, lemes boo!!