Tuesday, April 04, 2006

tentang kenangan

.....
+ knapa aku selalu sedih yah setiap melihat hujan?
- karena hujan adalah air mata, sayang...
- hujan adalah tangis dunia.. dan perih yang tersalurkan.
.....


ah, tentu saja itu jawaban paling asal saya.
mana tau saya, knapa hujan selalu bisa membuat kamu bersedih. saya sendiri, sangat menyukai hujan. saya pernah, pulang dari kantor, hujan lebat, sengaja hanya melepas blaser saya, dan nekad menaiki motor sambil ujan2an. trus di jalan yang sepi, saya sengaja melepas helm, dan membiarkan air hujan itu menyentuh muka saya, yang acak adut gara2 make-up luntur. hehehe. tapi yang memalukan, setelah saya sampai di jalanan dekat rumah, hujan sudah berhenti dan justru langit terang benderang. dan saya basah kuyub. ah, ini yang kadang bikin saya jengkel tinggal di bali, cuaca yang berbeda di satu tempat dengan tempat laennya.

eh, trus.. tadi mo ngomongin apa yah? oiya..hujan. hujan yang membuat kamu bersedih, dan hujan yang selalu memberikan perasaan manis buat saya. hujan yang menghadirkan potongan kenangan, dalam makna yang tidak sama.

lalu, serupa apakah kenangan??

titik2 hujan, kilatan lampu, senja, bangku taman, pantai, siluet malam, rokok, parfum, deburan ombak, bla bla bla. mungkin serupa itulah kenangan. hal2 kecil yang mau tak mau, membawa pikiran kita berkelana ke masa lampau. pada potongan peristiwa yang akhirnya menghadirkan rasa sedih, kangen, bahagia, dan mungkin saja, perasaan yang tak bisa di definisikan. bahkan, terkadang semua tak berhubungan. mungkinkah kenangan itu serupa dunia yang kita bisa mengembara di dalamnya?

pernah nonton filemnya jim carey yang judulnya Eternal Sunshine of the Spotless Mind??
saya sangat suka filem itu, meskipun saya baru mengerti alur ceritanya setelah nonton kedua kali. hehehe. shit happened, dan saya pernah punya keinginan, untuk mengoperasi memory saya, menghapus kenangan2 buruk, dan hanya menyimpan yang manis2 saja. mungkin menyenangkan yah, klo kita selalu bahagia? but, you can erase someone from your mind. getting them out of your heart is another story. No?!

trus, pernah nonton The Butterfly Effect??
disitu ashton kutcher tampan sekali. hehe. dari dia yang jadi cowo cacat, sampe jadi cowok cosmopolitan, tetap saja tampan. :D saya juga suka filem ini. enak kali yah, klo kita dikasi beberapa kali kesempatan untuk kembali ke suatu masa dan memperbaiki sesuatu yang kita kira salah. tapi, sadar ga seh, change one thing, change everything??

dan pada akhirnya, apalagi yang bisa kita lakukan, selaen berterima kasih. hihihi. kok kedengerannya sok banget yah? ya iyalah, mungkin tanpa kenangan, saga ga akan se-kewl ini *halah*. berterima kasih pada luka, pada mimpi, pada air mata, pada tawa, dan bahagia yang mungkin hanya akan jadi cerita lalu. sesuatu yang memang hanya untuk di simpan, di ingat sesekali waktu, dan di pelajari. sesuatu yang harus ditinggalkan, dan sebagian diabadikan.

eh, btw..saya ngomong apaan ini? kok saya jadi menye2 gini seh?! hih. ini pasti gara-gara pengaruh komen2 di postingan sebelumnya. makasih buat kamu, kamu, dan kamu! makasih untuk komen2 yang telah membuat saya berfikir lagi. :P

the quotations when engraved upon the memory,
give you good thoughts.
-Eternal Sunshine of the Spotless Mind-

9 comments:

crushdew said...

hujan?
aku paling demen menghirup bau tanah sehabis hujan, bukan sok romantis tapi emang baunya orisinil banget, gag kayak parfum yang slalu bikin muntah.

andai kita bisa menghapus kenangan buruk dalam hidup, mungkin akan menyenangkan namun sesaat selebihnya hanyalah tawar dan hambar.

gita manis said...

eh, ada yg sebut2 ashton kutcher yah? siapa nich berani2nya? *weks* wi kita ada kan karena kenangan, masa lalu kita, itu yg menjadikan masa depan kita slama tidak berkutat dlm kenangan itu *weleh kok aku jd putis begini yaks*

b. gundul S. Farm said...

hujan bukanlah biru
dia kelabu, karena ada rindu,
ada galau,
masa lalu,
dan segala rasa rancu

juga karena ada kita disitu
menyatu


aku nemu ini di emailku, yang ngirim sapaaa getu....

~fitri~ said...

kalau aku wi, selalu kena iming-iming hujan. terutama indera penciumanku. daya endusnya ngajak miskin :)

sehabis hujan, bau tanahnya terasa kayak sirih campur coklat, sementara bau rumput terasa kayak sushi. bikin ngiler seketika. hehehe.

met ujan-ujanan! :)

nananias said...

saya masih bermimpi tentang seseorang yang membawakan saya cincin bermatakan satu tetes air hujan.

vnuz said...

Manusia diberi sebuah anugerah yang dinamakan "lupa".
Apa jadinya jika kita tidak bisa melupakan semua yang menjadi masa lalu kita entah itu kenangan buruk atau manis... Sialnya kadang itu membuat kita menghilangkan kenangan manis yang pernah kita alami.

*ingin kembali mengingat masa lalu dimana aku masih menjadi balita dan dimanja :)*

pembaca setia said...

di pojok templet ini ada cewek tepar ?

ebo said...

iya... waktu mau nulis komen.. scroll ke bawah. Perhatian saya tertegun sebentar pada cewek di bawah. Jadi lupa prosa yang mau ketulis... mm, tentang apa tadi? oh ya.. hujan.. saya juga cinta hujan. Saking cintanya, hujan juga mungkin cinta sama saya. Jadi saya sering kehujanan tiap naik motor...

lavender said...

aku jadi ikutan sibuk sendiri dengan "kenangan" itu. gak tau dah mo nulis apaan...