Monday, September 04, 2006

tentang penyakit musiman

belakangan ini, kerjaan saya (loh, kok kerjaan?!), adalah mengunjungi satu festival ke fesival laen. maklum, selaen musim dingin, di bali juga sedang menjamur musim festival. dari festival layang - layang, festival HAM (yang saya ga tau singkatan dan maksudnya apa), sampe festival tiap desa.

hampir tiap hari saya mendapatkan informasi dari milis akan digelarnya satu festival di satu tempat. saya sendiri sebenarnya kurang tertarik, karena dari pengalaman2 sebelumnya, saya sedikit kecewa tiap kali melihat festival layang - layang. lah, gimana nggak klo tiap taon bentuknya itu- itu saja. kreatif dikit kek..
tapi kata si didats, festival layang2 internationalnya yg di tanah lot lumayan bagus - bagus.

taon ini, festival yang pertama saya datangi, sanur village festival 2 minggu lalu. hasilnya, saya kecewa. tidak ada apa - apa disana, kecuali pameran yang sepertinya hanya ala kadarnya. dan akhir pekan lalu, lagi - lagi saya penasaran. jadilah saya datang ke nusa dua festival. sampai disana, yang saya temukan hanyalah pameran pembangunan. iyah, sepi. jadilah kami hanya jalan - jalan di area taman nusa dua yang sudah gersang.

sebenarnya saya bingung, apa tujuan diadakannya festival - festival semacam gini ya? kalau untuk menarik wisatawan, kenapa kemasannya justru sangat membosankan? lagi-lagi, hanya untuk ajang cari uang, tanpa lagi musti peduli akan pencapaian? atau, jangan - jangan hanya mau ikutan trend musiman?

ughh, tapi tetap, saya berharap kuta karnival tengah september ini lebih menyenangkan.

4 comments:

b. gundul S. Farm said...

yang jelas, setahuku tujuan diadakan pameran itu untuk mencari duit.
lah mungkin kemasannya jadi membosankan karena EO yg menyelenggarakan pameran kurang cerdas, gak kreatif. selain itu juga mungkin karena EOnya Rugi, jadi pameran diadakan seadanya saja.

ramacreebo said...

Yang jelas Festival di Kuta juga belum jelas juntrungannya... jadi jangan berharap dee.
lha wong dana dari Pemda Badung juga belum turun. *emang gw tau darimana?*

henri said...

iseng paling, kayak aku ngadain festifal dikamarku hehheheehe..

nananias said...

ada alasan kenapa tempatku tidak ikut festival garink itu!

makanya kalo ke nusa dua bilang2 ama eke dulu dumz! lo sih main nyelonong :p