Wednesday, January 25, 2006

tentang berdebat?

.....
- it's not about who's the winner and who's the looser.
- it's about how to learn something.
.....


hahaha. pagi-pagi udah dimulai dengan perdebatan seru dengan seorang teman tentang postingannya yang memang mengundang kontroversi. yah, salah satunya dari saya ini. hihihi.

tapi saya tak akan posting tentang kontroversi itu sendiri, toh sudah kami selesaikan lewat YM. dan hasilnya? sedikit melenceng dari pokok bahasan. it's just only two of us. ;)

perdebatan itu melelahkan, dan juga menjengkelkan. sapa coba, yang ga jengkel ketika alasan2 kita dimentahkan begitu saja? siapa yang ga kesel, klo apa yang sudah diyakini, ternyata berbeda dengan orang laen? sapa yang ga lelah, klo dipaksa untuk mentranslate keyakinan dalam bentuk kata- kata, tentu dengan pemilihan kosakata yang tepat, untuk menghindari 'jebakan'? tak jarang perdebatan membuat frustasi. merasa ego terinjak-injak, dan akhirnya memilih untuk bertahan, hanya karena enggan untuk mengakui lawan kita benar. haha, konyol bukan?!

ya, perdebatan juga memerlukan keberanian, untuk membuka mata kita bahwa apa yang kita pikirkan, bisa jadi tak sepenuhnya benar. keberanian untuk menerima perbedaan. karena terkadang perdebatan tidak harus selalu berakhir dengan satu persepsi yang sama. tidak hanya tentang mematahkan alasan - alasan yang ada, dan membenarkan keyakinan kita. tapi lebih ke apa yang bisa kita dapatkan dan apa yang bisa kita pelajari dari masing2 alasan dibaliknya. saya setuju dengan pepatah yang mengatakan, perbedaan itu memperkaya cara berfikir kita. dan ini sangat mengasyikkan...

jadi, siapa yang selanjutnya akan menemani saya berdebat tentang penerbitan majalah ini di indonesia? hihihi, topik basi!!

7 comments:

nananias said...

saya emang keren wi :p

nananias said...

jebakan betmen? :p

intinya berdebat bukan soal kalah menang kali yah, soal bagaimana kita mempertanggungjawabkan apa yang kita yakini. dan membuka mata untuk pemahaman lagi emang sungguh memperkaya wawasan ;)

nananias said...

waks kok lagi maksud gue pemahaman lain :p

aduh malah nyepam hahahaha

josephina said...

berdebat mode socratik... itu yg paling menyebalkan... exhausting ^^

snydez said...

saya mah teteup gak setuju...

gak setuju, kalo ternyata halaman tengahnya gak nude ... ;) :>

vnuzday said...

Saat berdebat perhatikan dulu dengan siapa kita berdebat, jangan sampai karena adu argumentasi akhirnya malah adu mulut. :P

Btw: kemarin waktu ke Gramed aku lihat majalah itu dipajang di jenis buku impor karena berbahasa inggris, sayang sampulnya ditutupi, cuma kelihatan headernya doang.

'ka said...

what about playboy? nothing's wrong w/ it... no matter what people say... the same people who condemn it will buy the magazines anyway... same ol' hypocrisy