Tuesday, March 14, 2006

tentang postingan yang [jadi] pendek

.....
+ banyak yg protes tuh, knapa postingan kamu jadi pendek2?!
- oya? !
.....


hihihi, kmaren seorang teman protes, katanya postingan saya belakangan ini jadi cethek. ga kek postingan2 sebelumnya, yg terkesan berat dan panjang. masa sehh?! *wink wink*

hm, klo misal pertanyaan itu saya jawab "suka2 gw dong, ini blog gw gitu loh!!", seperti kata nana kok kedengeran belagu banget yah. namanya juga blog, pertama kali memutuskan bikin, dan mulai kasi komen begini begitu, blogwalking sambil ninggalin jejak dan mulai menjalin relationship dengan empunya blog2 laen, saat itu sudah seharusnya nyadar, klo blog bukan lagi konsumsi pribadi. ini dunia maya, yang kata orang, dunia tanpa batas. apalagi dengan kadar kenarsisan saya yang semakin hari semakin akut, seperti nya jelas2 saya ga akan bilang, suka suka gw!! hehe.

lalu klo saya bilang, saya ini lagi males nulis kok yah aneh. gimana mo bilang males nulis klo tiap hari, ada aja postingan yang di telorkan. mo panjang, mo pendek, saya masih minat menulis kok.

jadi setelah berfikir dan bertanya (lagi), akhirnya saya memilih jawaban, bahwa semua ini adalah proses. hahaha. jawaban saya klasik sekali yah ? proses? what the heck with proccess? yeap, saya menulis pun adalah proses. -sudah liat deskripsi blog saya khan?-. jika hari ini saya menulis panjang, dan ke esokan harinya pendek, itupun adalah proses. mungkin jika dulu saya menulis dengan panjang dan lebar, saat itu saya merasa tahu banyak bahan yang akan saya postingkan. lalu mulailah saya mengertik, menuliskan tanya, yang pada akhirnya, saya jawab pertanyaan2 ituh berdasarkan asumsi saya pribadi.

yeap, jawaban berdasarkan apa yang saya tahu. subjektif sekali yah? hehe.

sampe pada akhirnya banyak yang komen, bahkan beberapa diantaranya, benar2 menohok, memukul telak apa yang saya kira benar, dan mulai menyodorkan pikiran2 yang bahkan sebelumnya tidak pernah terlintas di kepala saya. doh!!!

dan dari situ, makin hari saya makin merasa bodoh. bodoh. saya mulai sadar, bahwa apa yang saya tahu, itu bukan apa2. dan saya mulai merasa, makin hari makin saya jauh lebih tidak tahu.

sebenarnya, banyak sekali pertanyaan di kepala saya, satu pemahaman yang di tentang oleh pemahaman yang laen. dan akibatnya, menyisakan deretan pertanyaan panjang yang tak terjawab. dan semakin tua *tsahhhh*, semakin nyadar klo tidak semua pertanyaan bisa terjawab saat itu juga, maka mulailah saya mengetikkan tanya, tanya dan tanya. mengurai benang kusut yang terdiri dari serentetan pertanyaan, dan menerjemahkannya pada pertanyaan2 yang lebih sederhana. kalimat2 yang saya rasa akan mudah saya mengerti. dan jadilah, postingan2 pendek ituh.

lagian, belum tentu pertanyaan sederhana dijawab dengan jawaban sederhana khan?

eh, kok postingan ini jadi panjang skali yah?? hihihi.

-makash buat kamu, yang sudah menginspirasi saya, memukul telak, membangunkan saya dari kemalasan yang berkesinambungan- ;)

9 comments:

b. gundul S. Farm said...

weh mbalik nurmal !
Memang bener seh kalo semakin hari kita semakin sadar bahwa banyak banged yg kita ga tahu. karena dunia itu selalu berputar.
ah hanyalah perubahan yg merupakan kejadian yg selalu tetap/kekal di dunia ini. dari setiap perubahan pasti timbul pengalaman-pengalaman baru yang nantinya akan menimbulkan pertanyan baru. menimbulkan kegelisahan baru.

oh iya kadang sebuah pertanyaan yang membingungkan membutuhkan jawaban sederhana.

gita said...

nah ini panjang, bukan pendek...proses itu adalah bagaimana menemukan tempat pijakan, yang cocok dengan isi kepala dan perubahan dunia, pastinya tidak menghilangkan jati diri sendiri..*ah gw koment apaan sih*

nananias said...

saya minta pembayaran royalti untuk pencatutan nama saya ditransfer ke bca cabang legian nomer rekening 404***** :p

btw, tulisan kamu yang ini hm, klo misal pertanyaan itu saya jawab "suka2 gw dong, ini blog gw gitu loh!!", seperti kata nana.. bisa sedikit misleading, karena saya dulu menulis seperti ini say...
well alasan saya sederhana sih. kalo saya bilang suka-suka saya dong kan itu blog saya, lagian blog kan sesuatu yang pribadi, kesannya sok banged! lagian apa sih yang bisa dianggap pribadi kalo udah ada di dunia maya? so bukan itu alasan saya.

coba liat bagian yang saya tebalkan. so itu bukan alasan saya... hehehe

btw, nulis panjang, nulis pendek hayoo sahaja!

dewi said...

#nana: hehe...kalimat gw ambigu yah? sorri.. maksud gw, yah..kek yg lo maksud :P

snydez said...

untung blog gue masih bisa jadi konsumsi pribadi :P

Hedi said...

panjang atau pendek...ya tergantung yg nulis kan, tergantung mood berpikirnya...saya akan tetap mampir...mau pendek-panjang-atau dipangkas habis sama sekali :p

vnuz said...

Kalau menurutku sih masih sesukaku, aku masih beranggapan kalau tulisanku tidak penting buat orang lain tapi penting buatku.

Blogku adalah tempat bermainku. :)

ebo said...

nge-blog: Latihan berpikir, beranalisa, beropini, menjalin persahabatan, menerima kritik, berbesar hati, semua perlu latihan. Proses untuk sebuah hasil... "Friendship causes pain" (simon and garfunkel - i am a rock)

lavender said...

You're just like my "pembimbing spiritual" to start it (again*)...
Makin mantep ajah neh jadina.
Soon yah..!!